Lembaga Pemasyarakatan Khusus Narkotika di Balikpapan | Abstrak - samuelamtiur
Lembaga Pemasyarakatan Khusus Narkotika di Balikpapan | Abstrak

Lembaga Pemasyarakatan Khusus Narkotika di Balikpapan | Abstrak

Share This
ABSTRAK

Salah satu kejahatan yang banyak menyedot perhatian kita pada saat ini adalah penyalahgunaan narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang). Untuk kota Balikpapan khususnya mencapai 46 orang ditahun 2006 ini (bulan juli) yang dari tahun ketahun semakin meningkat. Kondisi tersebut tidak memungkinkan untuk mencampur narapidana kasus narkotika dengan narapidana kasus lainnya.


Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Khusus Narkotika di Balikpapan yang dirancang mempertimbangkan aspek pembinaan di dalamnya dengan meningkatan metode pembinaannya menjadi lebih baik dari Lapas yang pernah ada. Hal ini dianggap penting sehingga dipilih menjadi tema perancangan. Proses pemulihan narapidana yang berada di dalamnya didukung dengan ruang-ruang pembinaan dan terapi yang dapat mengakomodasi kegiatan di dalamnya seperti detoksifikasi, terapi, konseling dan lainnya.

Permasalahan yang timbul dari perancangan Lapas ini adalah bagaimana mewujudkan pelaksanan sistem pemasyarakatan di Lapas khusus narkotika, dengan menyediakan sarana dan prasarana yang terintegrasi dengan baik dalam hal ini mempertimbangkan pada lokasi yang terpilih, karakter pelaku, standar bangunan, penataan ruang dan tahapan proses pemasyarakatan serta faktor keamanan.
Metoda yang digunakan adalah metoda analisis deskriptif secara sistematis dengan memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti berupa analisis makro dan mikro.

Hasil perancangan berupa konsep perancangan dan pra desain yang menjadi dasar perancangan dengan penerapan metoda pembinaan di dalamnya.

No comments:

Post a Comment