Pra-rancangan Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik Pasar Klandasan Kota Balikpapan | BAB I - samuelamtiur
Pra-rancangan Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik Pasar Klandasan Kota Balikpapan | BAB I

Pra-rancangan Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik Pasar Klandasan Kota Balikpapan | BAB I

Share This

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang
Pasar Klandasan merupakan salah satu pasar tradisonal yang terletak di kota Balikpapan. Pasar ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman atau lebih tepatnya terletak di tepi laut Teluk Balikpapan. Didalam pasar ini terdapat banyak para pedagang yang menjual berbagai kebutuhan rumah tangga seperti menjual alat-alat rumah tangga (panci, wajan), kebutuhan dan bahan-bahan pokok rumah tangga (sayur, ikan, daging, bumbu masak). Terdapat juga berbagai Pedagang Kaki Lima (PKL) yang memadati Pasar Klandasan. Di antara berbagai jenis Pedagang Kaki Lima ini, terdapat jenis Pedagang Kaki Lima yang menjual makanan seperti pedagang soto, pedagang seafood dan lain-lain. Didalam pasar ini terdapat juga 2 WC umum yang digunakan oleh orang-orang yang ada di Pasar Klandasan, baik itu pedagang maupun pembeli.

Dari para pedagang di Pasar Klandasan tersebut, terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan. Contoh dari kegiatan yang dilakukan tersebut seperti pencucian tempat penjualan, pencucian alat-alat makanan, hasil dari penggunaan WC umum dan lain sebagainya. Dari hasil kegiatan pencucian tersebut, menghasilkan air yang kotor. Air bekas cucian tersebut merupakan salah satu dari jenis air limbah, yaitu merupakan jenis dari air limbah domestik. Kemudian air hasil cucian tersebut dibuang ke saluran drainase dimana saluran drainase tersebut menuju ke laut.


Di dalam air limbah bekas cucian tersebut, terdapat parameter-parameter yang jika nilai dari parameter-parameter tersebut berada di atas dari Nilai Ambang Batas (NAB) dari yang telah ditentukan, maka akan berbahaya bagi lingkungan jika air bekas cucian tersebut langsung dibuang ke lingkungan tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu.

Di dalam Pasar Klandasan, tidak terdapat Instalansi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang mengolah air limbah dari pasar tersebut. Sebenarnya IPAL tersebut sangat diperlukan agar air limbah yang dihasilkan oleh pasar tersebut diolah terlebih dahulu sebelum akhirnya dibuang ke lingkungan (ke laut). Dari data parameter air bekas cucian dari para pedagang, dapat diambil kesimpulan bahwa parameter-parameter yang terkandung dari air limbah tersebut (pH, BOD, TSS serta Minyak dan Lemak) memiliki nilai yang sangat tinggi, diatas dari Nilai Ambang Batas yang telah di tentukan, baik dari Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup (KepMen. No. 112 Tahun 2003), maupun dari Peraturan Daerah Kalimantan Timur (Perda. Kaltim No. 02 Tahun 2011).


Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah air limbah tersebut adalah dengan pra-rancangan sebuah IPAL. Diharapkan dengan dibuatnya IPAL tersebut dapat menurunkan nilai-nilai parameter tersebut sesuai dengan Nilai Ambang Batas yang telah ditentukan. Sehingga ketika air limbah tersebut dibuang ke lingkungan, khusunya ke laut, maka tidak akan mencemari lingkungan tersebut. Solusi IPAL yang dapat diberikan pada pra-rancangan ini adalah dengan merencanakan IPAL yang memiliki proses secara fisik dan biologi yang telah disesuaikan dengan jenis parameter yang terkandung pada air limbah tersebut.

1.2.    Tujuan Penelitian
1.    Melakukan pra-rancangan IPAL untuk air limbah di Pasar Klandasan Kota Balikpapan.
2.    Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) dalam pra-rancangan IPAL untuk air limbah domestik di Pasar Klandasan Kota Balikpapan.

1.3.    Perumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang yang ada, maka dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut :
1.    Bagaimanakah kriteria IPAL yang efektif untuk mengatasi masalah air limbah dari Pasar Klandasan.
2.    Apakah dengan menggunakan IPAL yang telah ditentukan, maka dapat menurunkan nilai parameter pH, BOD, TSS serta Minyak dan Lemak menjadi sama atau bahkan dibawah dari Nilai Ambang Batas yang telah ditentukan, baik dari Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup (KepMen. No. 112 Tahun 2003), maupun dari Peraturan Daerah Kalimantan Timur (Perda. Kaltim No. 02 Tahun 2011).

1.4.    Batasan Masalah
Batasan masalah yang ada pada skripsi ini sebagai berikut :
1.    Pada penelitian ini hanya dikhususkan terhadap air limbah hasil dari Pasar Klandasan dengan parameter pH, BOD, TSS serta Minyak dan Lemak.
2.    Rancangan IPAL yang disesuaikan dengan keadaan air limbah yang dihasilkan dari Pasar Klandasan.
3.    Debit limbah disesuaikan dengan pemakaian air di Pasar Klandasan.
4.    Nilai Ambang Batas parameter yang ada pada air limbah tersebut disesuaikan dengan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup (KepMen. No. 112 Tahun 2003), maupun dari Peraturan Daerah Kalimantan Timur (Perda. Kaltim No. 02 Tahun 2011).

1.5.    Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini antara lain :
1.    Sebagai alternatif pemecahan masalah untuk mengatasi tingkat pencemaran yang ada pada air limbah.
2.    Penelitian ini diharapkan akan bermanfaat bagi peneliti yang berminat untuk mengkaji lebih lanjut tentang skripsi ini.

1.6.    Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan skripsi ini mengandung bab-bab: pendahuluan, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, hasil dan pembahasan serta kesimpulan dan saran.

I.    Pendahuluan
Bab pendahuluan memuat :
1.1    Latar Belakang, memuat penjelasan mengenai alasan-alasan mengapa masalah yang dikemukakan dalam skripsi dipandang menarik, penting dan perlu dikerjakan serta menguraikan kedudukan masalah yang akan dikerjakan dalam lingkup permasalahan yang lebih luas.
1.2    Tujuan Penelitian, menjelaskan secara spesifik hal-hal yang ingin dicapai.
1.3    Perumusan Masalah, menjelaskan mengenai masalah yang akan dipecahkan melalui penelitian dan perencanaan.
1.4    Batasan Masalah, menjelaskan hal-hal/parameter yang menjadi pembatas dalam pekerjaan yang dilakukan.
1.5    Manfaat Penelitian, berisi manfaat yang dapat diharapkan adalah manfaat bagi pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan.
1.6    Sistematika Penulisan, berisi secara sistematis keseluruhan penulisan skripsi.

II.    Tinjauan Pustaka
Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari acuan yang dijadikan landasan untuk melakukan kegiatan penelitian.

III.    Metodologi Penelitian
Bab ini mengandung uraian tentang bahan atau materi penelitian, alat, tata cara penelitian, variabel dan data yang akan dikaji, perancangan, perencanaan yang akan dilakukan dan cara analisis yang akan dipakai.

IV.    Hasil dan Pembahasan
Bab ini memuat hasil penelitian yang telah dilakukan serta pembahasan .

V.    Kesimpulan dan Saran
a.    Kesimpulan, memuat pernyataan singkat dan tepat yang merupakan   rangkuman dari hasil analisis dalam skripsi.
b.    Saran, memuat mengenai kemungkinan pengembangan dengan asumsi-asumsi yang belum dilakukan pada penelitian ini.

No comments:

Post a Comment